Skip links

Sekilas Tentang Jilid Buku Hardcover

Sekilas Tentang Jilid Buku Hardcover

Mungkin banyak dari Kita ingin mengetahui mengenai sekilas tentang jilid buku hardcover. Namun tahukah Anda bahwa jenis buku seperti ini sering kali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Jenis buku ini umumnya memiliki beberapa perbedaan dengan ragam lainnya. Untuk itu apabila Anda ingin mengetahui mengenai apa saja informasi mengenai buku hardcover, berikut ini ulasan lengkap mengenai hal ini.

Adapun sekilas tentang jilid buku hardcover antara lain yaitu

  1. Menggunakan karton untuk sampul bukunya. Akan tetapi jenis kartonnya pun tidak sembarangan karena umumnya memiliki ketebalan kurang lebih hingga dua puluh lima mili. Jenis karton yang digunakan umumnya disebut dengan karton Jepang. Adapun beberapa sifat dari jenis karton ini memiliki serat yang relatif lebih padat, kasar dan kaku. Apabila Anda memegangnya bisa seperti triplek.
  2. Pada bagian permukaannya memiliki jenis laminasi. Sehingga apabila dilihat akan terlihat lebih mengkilat dan mahal. Umumnya digunakan untuk buku-buku penting seperti hasil skripsi. Jenis handcover ini didesain agar tidak lepas ada pita untuk menyatukannya. Bahkan pita ini bisa digunakan juga untuk pembatas sampai mana Anda membacanya.
  3. Untuk melindungi pada bagian sisi-sisinya digunakan lapisan alumunium. Tujuannya adalah agar buku tidak mudah rusak saat sering dibaca. Dalam menyatukan antara satu halaman dengan halaman lainnya memang tidak bisa menggunakan lem biasa. Hal ini karena tidak akan menempel dengan kuat. Dibutuhkan perekat khusus seperti lem fox. Dengan demikian akan membantu untuk menyatukan buku menjadi lebih kuat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  4. Saat mengoleskan lem untuk merekatkan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Anda harus menggunakan kuas yang bisa diganti secara kontinyu. Dengan cara ini akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil terbaik dalam menyatukan satu buku menjadi lebih rapi.

Setelah Anda mengetahui mengenai sekilas tentang jilid buku hardcover ini. Maka hendaknya Anda mengetahui juga mengenai bagaimana cara memperbaiki buku yang sudah lama dan mengalami kerusakan. Umumnya kerusakan ini terjadi akibat dari lemnya yang lepas sehingga mengakibatkan buku menjadi tidak rata dan goyang. Dengan demikian berikut ini beberapa cara untuk memperbaiki apabila buku hardcover yang mengalami kerusakan seperti ini yaitu

  • Lepas buku dari covernya

Apabila buku lepas dari covernya maka yang harus dilakukan adalah memegangnya dengan kuat. Dalam membukanya pastikan untuk melepasnya setengah terbuka. Pastikan apabila membukanya selebar-lebarnya sampai buku dan covernya terbuka. Bersihkan lem yang menempel pada bagian buku. Sehingga dapat diulang untuk dilem kembali namun apabila Anda tidak bisa pastikan untuk meminta tolong pada ahlinya.

  • Merapikan ulang

Umumnya buku mengalami goyang akibat dari bagian benangnya mengakibatkan buku menjadi mudah lepas. Yang harus dilakukan adalah menarik bagian benang agar lebih kencang.

  • Pengeleman

Saat perekat pada buku ini lepas maka bisa dilakukan menggunakan lem kayu. Meskipun yang direkatkan adalah sebuah buku namun apabila menggunakan lem biasa tentu saja tidak akan menempel sempurna. Sehingga dibutuhkan lem kayu untuk dapat merekatkannya secara kuat dan tidak mudah lepas.

  • Pemasangan cover buku

Pada saat memasang cover buku ini usahakan tempel dengan menunggu lem setengah kering. Jangan menempelkan dalam keadaan basah. Hal ini karena akan membuat buku menjadi tidak mudah merekat dengan kuat.

Dengan berbagai informasi yang telah Anda ketahui seperti di atas. Maka pastikan untuk menjalani beberapa langkah jitu dalam memperbaikinya. Apabila Anda bisa memperbaiki sendiri maka tentu saja akan menghemat biaya dan juga dapat menjadikan buku senantiasa dapat dijaga dengan baik.

Return to top of page
WhatsApp chat