Skip links

Fungsi Buku Tabungan

Fungsi Buku Tabungan

Sedari kecil kita diajari untuk selalu menyisihkan uang yang kita peroleh untuk menabung. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan ialah untuk dana cadangan apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Tentu bagi kita yang familiar dengan menabung di bank, pasti juga akan mengenal yang namanya Buku Tabungan. Sebenarnya apa sih fungsi dari buku tersebut ? Berikut ini ulasan singkatnya.

Digunakan sebagai identitas diri

Jadi seperti pada KTP, Buku Tabungan bisa dikatakan sebagai identitas diri. Dimana benda yang satu ini akan merefleksikan kegiatan transaksi keuangan kita. Apabila transaksi yang ditujukan oleh jenis buku yang satu ini baik, maka dapat dikatakan pemilik buku tersebut memiliki kepribadian yang baik. Sebaliknya, apabila transaksi yang ditunjukkan buruk, maka pemiliki buku tersebut memiliki kepribadian yang dapat dikatakan buruk. Tentu hal ini akan menentukan mudah atau sulitnya kita apabila ingin mengajukan kredit seperti KPR maupun jenis kredit yang lainnya.

Syarat utama dalam mengajukan kredit seperti KPR

Dengan adanya jenis layanan bank yang satu ini, membuat kita mudah untuk mengajukan kredit seperti KPR. Malah benda yang satu ini menjadi syarat utama dalam mengajukan KPR. Dimana pihak jasa KPR akan melihat dan menilai keuangan kita, apakah sehat atau tidak melalui melihat kegiatan transaksi tabungan selama 3 bulan terakhir. Apabila transaksi tabungan kita lancar dan sehat, maka pengajuan KPR kita akan lebih cepat cair.

Untuk administrasi pelaporan Pajak Tahunan

Fungsi buku yang satu ini ialah sebagai syarat administrasi yang akan dimintai oleh petugas pajak. Dimana tentu saja bagi kita yang taat terhadap wajib pajak, buku yang satu ini ialah dokumen wajib yang harus dimiliki. Dikarenakan pihak pajak pasti akan meminta lampiran salinan lembar buku yang satu ini selama 12 bulan penuh sebagai syarat administrasi dalam pelaporan pajak tahunan.

Mempermudah untuk menganalisa uang keluar dan masuk

Fungsi lainnya yang tak kalah penting ialah mempermudah kita untuk menganalisa rincian uang yang masuk dan keluar secara jelas, dan tepat. Tentu dengan begini, kita dapat mengatur keuangan kita agar lebih baik lagi. Memperkirakan uang belanja dan uang tabungan yang dapat kita sisihkan. Selain itu, kita juga dapat melihat selama kurun waktu sebulan, pengeluaran yang dilakukan apa saja. Apakah bisa dikatakan boros atau tidak. Apakah pengeluaran yang dilakukan sudah benar atau belum. Dengan adanya bukti seperti buku ini, membuat kita mudah menganalisa itu semua.

Mempermudah dalam pengajuan pembuatan kartu kredit

Kartu kredit merupakan salah satu layanan yang diberikan bank dan banyak masyarakat yang menggunakannya. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan kartu kredit mempermudah kita dalam transaksi jual beli. Selain itu, dengan menggunakan kartu kredit banyak sekali promo dari cashback hingga diskon di berbagai macam pembelian. Jadi tak salah memang apabila banyak yang tertarik dengan salah satu layanan bank yang satu ini. Nah apabila tertarik, maka kita bisa mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit. Dengan salah satu syarat utama yakni melampirkan foto copy buku ini. Dengan begitu pihak bank bisa menilai apakah kita layak menggunakan kartu kredit atau tidak.

Demikian, itulah beberapa fungsi Buku Tabungan. Terlihat sepele memang, namun buku yang satu ini sangatlah bermanfaat bagi kita. Apalagi kredit dan pinjaman merupakan hal yang bisa saja secara mendadak kita butuhkan.

Return to top of page
WhatsApp chat