Skip links

Berbisnis Dengan Menggunakan Instagram

Berbisnis Dengan Menggunakan Instagram

Merasa bosan dengan pekerjaan yang begitu-begitu saja, atau bosan dengan penghasilan sebagai karyawan yang segitu-segitu saja. Ingin keluar dari zona nyaman, dengan mencoba tantangan yang baru dan tambahan penghasilan. Kamu bisa mencoba untuk berbisnis atau membuka usaha.

Membuka usaha, bukan berarti kamu harus menggelontorkan modal yang banyak untuk membuka toko atau memiliki ruko. Kamu dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam memasarkan barang daganganmu atau jasa yang kamu tawarkan. Salah satunya kamu bisa memanfaatkan media sosial dengan jangkuannya yang lebih luas dan lebih umum.

Media sosial yang dapat kamu pilih dengan jangkuan konsumen yang lebih banyak adalah Instagram. Instagram ini dapat kamu manfaatkan untuk menjadi lapak daganganmu. Lalu seperti apa tips yang harus kamu lakukan untuk memulai berbisnis dengan Instagram.

Tentukan produk yang kamu jual

Paling pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan jenis produk barang atau jasa seperti apa yang ingin kamu jual. Dengan kamu menentukan produk yang akan kamu jual, selanjutnya kamu dapat menentukan pemasaran untuk bisnis kamu sendiri.

Buat akun Instagram bisnis

Ketika kamu memilih berbisnis dengan Instagram, tentunya kamu harus memiliki akun bisnis kamu sendiri. Fitur ini bisa dapatkan dengan melakukan pengaturan akun. Saat pembuatan akun, pastikan nama akun yang akan kamu pakai mudah diingat dengan foto profil yang mudah dikenali.

Fungsi dari penggunaan akun bisnis ini sendiri adalah, kamu bisa melihat seberapa banyak insight, atau akun-akun lain yang mulai kepo atau melihat-lihat akunmu. Pada akun Instagram bisnis kamu ini, pastikan kamu mencantumkan kontak atau nomer pemesanan serta sedikit informasi mengenai lapak kamu.

Unggah foto produk secara rutin

Selanjutnya dalam berbisnis dengan Instagram, kamu perlu rajin update foto daganganmu. Hal ini memiliki tujuan, bahwa akunmu aktif dan konsumen mendapat update-an terbaru mengenai produk yang kamu jual. Semakin kamu rajin upload, dan juga kamu sering berinteraksi dengan para calon pembeli, semakin banyak konsumen yang penasaran dan tertarik dengan barang atau jasa yang kamu tawarkan.

Pastikan foto yang kamu posting memiliki kualitas yang baik dan pastinya menarik. Hindari terlalu banyak perpaduan warna serta memasukkan huruf terlalu banyak didalamnya. Untuk meminimalisir kata pada foto,  keterangan mengenai produk dapat kamu tambahkan pada caption section. Buat keterangan atau caption yang bagus dan menarik untuk pembeli.

Cari followers sesuai dengan target pasar

Setelah kamu menentukan jenis barang atau jasa yang akan kamu tawarkan pada lapak Instagram kamu, selanjutnya berbisnis dengan Instagram kamu perlu mencari sasaran konsumen atau followers yang sesuai dengan target pasar yang kamu bidik. Hal ini bertujuan agar kamu tidak buang-buang waktu serta tenaga terhadap followers yang tidak menyukai atau tidak tertarik dengan akun lapak kamu.

Sebagai contoh,  jika kamu menjual masker wajah organik atau berbahan dasar alami, kamu bisa menentukan target pasar kamu adalah wanita remaja menuju dewasa dengan rentang usia 16- 25 tahun, yang aktif beraktifitas diluar rumah atau wanita ingin merawat wajah.

Setiap jamnya kamu bisa untuk mengikuti 40 orang akun saja, hal ini agar akun anda tidak diblokir oleh pihak Instagram, dan idealnya kamu bisa mengikuti 200 orang dalam 5 waktu dan hal ini harus kamu lakukan secara konsisten, sampai jumlah followers mencapai angka yang kamu inginkan.

Return to top of page
WhatsApp chat